Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD Negeri 2 Keusik
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·
Membaca :
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis :
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6. Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan
kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan
diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek..
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa
dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa
dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa
dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa
dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa
dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa
dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa
dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa
dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·
Siswa
dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menyalin/mencontoh huruf, suku
kata dan kata.
·
Siswa
dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa
dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan
secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·
Kalimat
sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan
huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu
I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati model/ gambar
anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi sederhana tentang
perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F Menyebutkan perbedaan tugas antara
laki-laki dan perempuan.
F Melakukan tanya jawab tentang hak dan
kewajiban laki-laki dan perempuan.
F Mengamati benda yang diperlihatkan guru (
kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
F Mengamati benda yang ada di sekeliling
siswa ( meja, buku, tas, dll )
F Membilang benda yang ada di sekeliling
siswa dengan jumlah 1- 5 .
F Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda
dengan tepat.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati gambar seri yang
menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F Menyanyikan lagu “pergi sekolah “
F Menceritakan dengan kalimat yang sederhana
isi dari gambar tersebut.
F Melakukan tanya jawab tentang
persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F Mendengarkan penjelasan guru tentang
identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan keuntungan kita mempunyai
identitas diri.
F Membilang benda yang diamati . secara
individual dan klasikal.
F Melakukan penghitungan benda di depan
kelas dengan jumlah 1 – 5
F Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai
dengan banyak benda
F Mengisi
soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memperkenalkan diri di depan
kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F Secara bergiliran memperkenalkan diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung beda pada gambar/ model dengan
jumlah benda 1 – 10.
F Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.
F Meletakkan kartu bilangan pada jumlah
benda dengan tepat.
F Seorang siswa meletakkan benda dan siswa lain menyimpan kartu bilangan yang tepat
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan pengamatan pada
benda untuk menguraikan deskripsinya
F Mengungkapkan deskripsi benda dalam
bentuk, warna, dan permukaa.
F Contoh :
Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos.
Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang
diperlihatkan temannya.
F Mengamati manik-manik, kancing atau
kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung banyak benda yang diperlihatkan
guru dengan urutan yang benar.
F Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan
jumlah banyak benda.
F Menyimpan kartu bilangan pada benda yang
sesuai dengan jumlahnya.
F Menuliskan lambing bilangan yang tepat
sesuai dengan banyaknya benda.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati dua kelompok benda
yang sama jumlahnya, berbe
F da jumlahnya untuk menemukan fakta lebih
banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F Membilang tiap kelompok benda dengan batas
jumlah 1- 10.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap
kelompok benda.
F Membandingkan jumlah benda dan menyatakan
lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda
tersebut.
F Melakukan hal sama pada dua kelompok benda
dengan jumlah yang berbeda.
F Melakukan pengamatan terhadap gambar
anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “
F Menyebutkan nama anggota tubuh yang
terlihat pada gambar.
F Menyebutkan nama anggota tubuh melalui
permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F Menunjukkan dan menyebutkan nama anggota tubuh melalui tubuh temannya.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal titik sebagi awal
sebuah gambar.
F Menggabungkan beberapa titik untuk
membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
F Mengamati gambar anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota
tubuh dengan menggunakan
bahasa yang sederhana.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis lurus, garis miring, garis
zigzag dan garis lengkung.
F Membuat
aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang membentuk gambar
lingkaran, segitiga, atau persegi.
F Membuat gambar yang berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang
sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati model/ gambar
anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap
anggota tubuh yang diamati.
F Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan
menjelaskan kegunaanya.
F Meletakkan kartu yang bergambar bagian
anggota tubuh untuk meletakkan
F Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.
F Mengamati banyak benda yang disediakan
guru.
F Membilang benda tersebut dengan jumlah
berfariasi. ( 11 – 20 )
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan
banyak benda.
F Membandingkan kembali dua kelompok benda
yang berbeda jumlahnya.
F Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda
tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.
F Menyebutkan nama teman yang berjenis
kelamin laki –laki dan perempuan.
F Memberikan contoh kegiatan yang dapat
dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
F Melakukan diskusi sederhana tentang
kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.
F Mengambil kesimpulan bahawa hak dan
kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai
kodrat.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak tugas yang
disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
F Menjelaskan manfaat
mempunyai alamat tempat tinggal
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat bentuk garis, lingkaran di udara
dengan posisi memegang alat tulis.
F Memperhatikan lembar tugas yang harus
dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan
memegang alat tulis yang benar.,
F Menjiplak
berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
F Menceritakan alamat rumah dan alamat
sekolah
F Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke
sekolah.
F Menceritakan keadaan sekolah, jarak, dan
suasana di sekolah.
F Menyebutkan bilangan yang tepat untuk
jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara bentuk bilangan 1
sampai 10.
F Menuliskan bilangan yang sesuai dengan
banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan yang tertera pada
papan tulis.
F Mengerjakan latihan menuliskan lambang
bilanagn dan membacanya secara
individual dan klasikal.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak uraian tugas yang
disampaikan guru,
F Memperhatikan Lembar tugas yang
diberikan guru, yang harus dilakukan
adalah menebalkan bentuk,
garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang tepat untuk
jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara bentuk bilangan 11
sampai 20 .
F Menuliskan bilangan yang sesuai dengan
banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan yang tertera pada
papan tulis.
F Mengerjakan latihan menuliskan lambang
bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.
F Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
yang mengandung vocal eu.( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi
dan penulisan antara e`, e, dan eu.
F Membedakan suara e`, e dan eu pada kata
dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
F Membaca ulang secara individual kata-kata
yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e,
dan eu.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca huruf yang sudah dijiplak
dan ditebalkan.
F Membaca lambang bilangan 1 – 10 yang di perlihatkan guru melalui kartu
bilangan secara urut.
F Membaca lambang bilangan 11 – 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu
bilangan secara urut.
F Membaca lambang bilangan 1- 20 yang
diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a,
i, dengan posisi duduk dan memegang alat
tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk huruf lepas a , i
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
F Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan
yang diucapkan guru..
F Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu
membacanya.
F Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati sekelompok benda
yang berjumlah 1 – 10.
F Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah
yang terkecil.
F Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah
kelompok benda yang telah berurut.
F Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah
dipelajari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang bilangan dari tiap
jumlah kelompok benda.
F Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e,
o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang
alat tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk huruf lepas e , o, m , n, b , d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal warna lain selain
warna dasar.
F Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan untuk mengenal warna
dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
F Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga
dngan warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai gambar benda alam dengan warna
yag sesuai.
F Mewarnai gambar benda lain dengan warna
yang sesuai.
F Menyalin / mencontoh huruf, suku kata dan
kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b, d, dan n, b, d
F Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati model/ gambar
anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu ” Bangun tidur ”
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh
yang diamati..
F Menjelaskan perlunya saling menghargai
perbedaan dari tiap individu.
F Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat
menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
F Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda
yang telah berurut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan secara sederhana manfaat
merawat anggota tubuh.
F Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota
tubuh.
F Membiasakan diri untuk merawat anggota
tubuh.
F Menyebutkan jenis permainan yang biasa
dilakukan oleh anak laki-laki
F Memperagakan jenis permainan yang biasa
dilakukan anak laki-laki.
F Menyebutkan jenis permainan yang biasa
dilakukan anak perempuan.
F Mengamati sekelompok benda yang berjumlah
1 – 10.
F Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah
yang terbesar.
F Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca huruf yang sudah
ditulis.
F Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik
dan kerabat yang ada di rumah.
F Menjelaskan hubungan kekerabatan antara
anggota keluarga yang ada di rumah.
F Menjelaskan bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
F Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara
urut.
F Melingkari bilangan yang berpola loncat (
kelipatan) 2 .
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2 .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari
tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d
F Menyalin/ menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan
tegak bersambung.
F Menyebutkan bilangan yang berpola loncat
2.
F Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2
di papan tulis..
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin kalimat sederhana
dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari ke dalam buku
tulis sendiri.
F Membaca setiap kalaimat yang ditulis.
F Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara
urut.
F Melingkari bilangan yang berpola loncat (
kelipatan) 3 .
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat
3.
F Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Membaca ulang secara individual kata-kata
yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e,
dan eu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang berpola loncat
3.
F Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3
di papan tulis..
F Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi
dan penulisan antara e`, e, dan eu.
F Menunjukkan perbedaan penulisan huruf e`,
e dan eu.
F Menuliskan kata-kata yang didiktekan yang disusun dari konsonan dan vokal e`, e,
dan eu.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin/ mencontoh kata yang
ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf lepas.
F Membaca kata-kata yang ditulis di papan
tulis..
F Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara
urut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan
tulsan tegak bersambung..
F Melingkari bilangan yang berpola loncat (
kelipatan) 4 .
F Menyebutkan bilangan yang berpola loncat
4.
F Menuliskan bilangan yang berpola loncat 4
di papan tulis..
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca bilangan yang berpola
loncat 2 ,3, dan 4 .
F Membaca setiap kalimat yang ditulis dalam
buku tulis sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang bilangan yang berpola
loncat 2, 3, dan 4.
F Melengkapi urutan bilangan yang berpola
loncat 2, 3, dan 4.
F Menyalin/ mencontoh kalimat dari buku k
dalam buku tulis sendiri.
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan percobaan untuk
mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat
air.
F Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2
warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai bentuk dengan warna tambahan.
F Menyalin/ mencotoh kalimat yang ditulis di
papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
F Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru dengan
menggunakan tulisan sambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Alat Peraga :
F Gambar anggoa tubuh.
F Gambar keluarga dari majalah / foto
keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan,
kerang.
F Cat air , kuas
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menyebutkan
nama lengkap dan panggilan besreta
usia.
·
Menceritakan
alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan
nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2.
IPA :
·
Menunjukkan
bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan
cara merewat tubuh.
·
Membiasakan
merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3.
PKN :
·
Menjelaskan
ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan
kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4.
Matematika
:
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca
dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang
loncat 2, 3, dan 4.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Mencocokkan
gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan
cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan
dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan
nama anggota
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua
dimensi di alam sekitar.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1. IPS :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. nama saya .........
2. rumah saya di ......
3. adik saya ada .......
4. kakak saya ada ........
5. saya sekolah di ...........
2. IPA
:
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini
gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila
kita makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3.
membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. mata
saya ada ....
a. satu
b. dua
c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
3. PKN :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang
...................
2. anak perempuan bermain
.............
3. layang-layang dimainkan
oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu ...........
5. bertengkar perbuatan
..........
4. Matematika :
1. gambar kelereng ada
.........................
2. gambar bunga ada
........................
3. gambar pensil ada
...........................
4. bangku di kelas ada
......................
5. penghapus papan tuls di kelas ada
.................
5. Bahasa Indonesia :
·
Cocokkanlah
gambar dengan informasi.
·
Ceritakanlah
gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
nyanyikanlah
lagu.
·
Sebutkanlah
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Sebutkanlah
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Sebutkanlah
nama anggota
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Kelompokkanlah
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Kelompokkanlah
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua
dimensi di alam sekitar.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
( BAHRUDIN,S.Pd.M.MPd )
NIP : 19650416 198610 1 002
|
|
Keusik, ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( JUHARIAH ,S.Pd )
NIP : 19610331 198204 2 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar